Jaringan Purworejo Big Network.id

Giat dalam menjadi terbaik untuk mencapai kebahagian (www.kroyolor.blogspot.com)

  • Statistik Kunjungan

    • 140,665 kunjungan
  • Purworejo Big Network.id

  • Klik Terbanyak

  • RSS Purworejo Big Network.id

    • Menangkan Hadiah dari Tabloid PULSA | Ulang Tahun Ke-10 Tabloid Pulsa Banjir Hadiah | Fans.tabloidpulsa.co.id/fans/?ref=25087 |Dafar Segera 9 Mei 2013
      Tabloid PULSA pada 21 April 2013 merayakan Ulang Tahun ke-10, Untuk merayakannya Tabloid Pulsa membagi-bagikan Handphone Blackberry Android Windows Phone dan masih banyak lagi.Caranya sangat mudah:1. Klik link/gambar di bawah ini.atau klik link berikut : http://fans.tabloidpulsa.co.id/fans/?ref=250872. Kemudian akan muncul gambar seperti di bawah ini, kemudi […]
      noreply@blogger.com (Agus rahmat alhaqiqi)
    • Bupati Purworejo Lepas 471 Calon Haji | Berita Purworejo 21 September 2012
      Sebanyak 741 orang jamaah calon haji (calhaj) Purworejo, secara resmi dilepas oleh Bupati Drs H Mahsun Zain MAg, di pendopa kabupaten, Rabu (19/9). Dari 741 orang itu, terdiri 376 jamaah pria dan 365 wanita.Menurut Bupati, meningkatnya jumlah calhaj setiap tahun ini dapat sebagai indikator meningkatnya taraf ekonomi masyarakat dan peningkatan ketakwaan. “Pen […]
      noreply@blogger.com (Agus rahmat alhaqiqi)
    • TVRI 20 September 2012
      Widget by: Script TV Online
      noreply@blogger.com (Agus rahmat alhaqiqi)
    • DWP Kabupaten Purworejo Adakan Pelatihan Sampah An Organik 19 September 2012
      Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Purworejo bidang sosial budaya, mengadakan pelatihan pengolahan sampah an organik, yang diikuti perwakilan dari unsur pelaksana DWP Kabupaten Purworejo. Pelatihan dilaksanakan di Aula PKK Purworejo dan dibuka Ketua DWP Kabupaten Purworejo Ny Sri Yuni Astuti Tri Handoyo, Sabtu(15/9).Ketua DWP Ny Sri Yuni Astuti Tri Hand […]
      noreply@blogger.com (Agus rahmat alhaqiqi)
    • Tanpa APBD, RSUD Mampu Setor PAD Rp 8 M | Berita Purworejo 19 September 2012
      Untuk menyamakan persepsi diantara pemangku kepentingan, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) “Saras Husada”, menyelenggarakan diskusi. Topik diskusi tentang pola pengeloaan keuangan badan layanan umum daerah (PPK-BLUD)RSUD “Saras Husada”, Senin (17/9) di aula hotel Plasa. Hadir sebagai nara sumber Ir Bejo Mulyono MML selaku Kasubdit  BLUD Ditjen Keuangan Daerah p […]
      noreply@blogger.com (Agus rahmat alhaqiqi)
    • Perajin Besek Dilatih Teknik Anyaman Melingkar | Berita Purworejo 19 September 2012
      Perajin Besek Dilatih Teknik Anyaman Melingkar Perajin besek Desa Cacaban Lor Kecamatan Bener mendapat pengetahuan baru tentang anyaman bambu. Mereka dilatih teknik anyaman dengan sistem melingkar oleh instruktur dari APIKRI (Yayasan Pengembangan Kerajinan Rakyat Indonesia) Yogyakarta, di desa setempat, beberapa waktu lalu.Kepala Bidang Perindustrian dan Per […]
      noreply@blogger.com (Agus rahmat alhaqiqi)
    • Lowongan Kerja PT. MITSUI LEASING CAPITAL INDONESIA (Semarang) 19 September 2012
      Lowongan kerja :Dibutuhkan kandidat di Semarang untuk mengisiposisi :Credit Marketing Officer ( CMO ) Syarat :-Pria pendidikan min S1 semua jurusan-berpengalaman sebagai marketing diutamakan-umur maksimal 27 tahun-bisa berbahasa inggris minimal pasif-jujur dan ulet, SIM ABusiness Development Officer ( BDO )Syarat :-Wanita cantik, menarik, dan komunikatif-Pen […]
      noreply@blogger.com (Agus rahmat alhaqiqi)
    • Lowongan Kerja PT. PERDANA SYTEM GLOBAL INTERNUSA 19 September 2012
      Kami perusahaan Konsultan dan Developer Sistem Teknologi Informasi sedang menambah kapasitas SDM yang handal dan profesional di bidang IT. Kami membutuhkan :1. Programmer Database / Database Administrator Good Logic & Programming skillMenguasai Delphi / VB / Java / C / C++ / .NetMenguasai SQL (MySql/SQL Server/Oracle)Mampu bekerja dalam Tim & Deadlin […]
      noreply@blogger.com (Agus rahmat alhaqiqi)
    • Pengumuman Penerimaan Calon Pegawai Bank Indonesia 19 September 2012
      Pengumuman Penerimaan Calon Pegawai Bank IndonesiaAsisten SatpamBank Indonesia memberikan kesempatan kepada para putra terbaik yang memiliki integritas dan kompetensi untuk berkarir sebagai: ASISTEN SATPAM dengan tugas: melakukan pengamanan personil dan materiil, melakukan pengawasan, serta menciptakan ketertiban dan ketentraman lingkungan kerja. Wilayah Tem […]
      noreply@blogger.com (Agus rahmat alhaqiqi)
    • Lowongan Kerja TNI | Rekrutmen TNI | Loker 19 September 2012
      Silahkan klik pada gambar untuk memperbesar agar gambar telihat jelas.sumber :http://rekrutmen-tni.ilmci.com/papk/mulai.html
      noreply@blogger.com (Agus rahmat alhaqiqi)
  • masukan email kamu dan baca posting terbaru di blog ini lewat email kamu

    Bergabunglah dengan 6 pengikut lainnya

  • $(document).ready(function() { $('#muugs').muugts({ image_size : 20, count : 3, username: "agusrahmata", convert_links : 1, loader_text : "Loading ..." }); });

Silabus Guru TIK Silabus TIK | Contoh Silabus TIK | Silabus Guru TIK | Download

Posted by joycoy pada 17 Oktober 2011

I. PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab IV Pasal 10 menyatakan bahwa Pemerintah dan Pemerintah Daerah berhak mengarahkan, membimbing, dan mengawasi penyelenggaraan pendidikan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Selanjutnya, Pasal 11 Ayat (1) juga menyatakan bahwa Pemerintah dan Pemerintah Daerah wajib memberikan layanan dan kemudahan, serta menjamin terselenggaranya pendidikan yang bermutu bagi setiap warga negara tanpa diskriminasi. Dengan lahirnya Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, wewenang Pemerintah Daerah dalam penyelenggaraan pendidikan di daerah menjadi semakin besar. Lahirnya kedua undang-undang tersebut menandai sistem baru dalam penyelenggaraan pendidikan dari sistem yang cenderung sentralistik menjadi lebih desentralistik.

Kurikulum sebagai salah satu substansi pendidikan perlu didesentralisasikan terutama dalam pengembangan silabus dan pelaksanaannya yang disesuaikan dengan tuntutan kebutuhan siswa, keadaan sekolah, dan kondisi sekolah atau daerah. Dengan demikian, sekolah atau daerah memiliki cukup kewenangan untuk merancang dan menentukan materi ajar, kegiatan pembelajaran, dan penilaian hasil pembelajaran.

Untuk itu, banyak hal yang perlu dipersiapkan oleh daerah karena sebagian besar kebijakan yang berkaitan dengan implementasi Standar Nasional Pendidikan dilaksanakan oleh sekolah atau daerah. Sekolah harus menyusun kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) atau silabusnya dengan cara melakukan penjabaran dan penyesuaian Standar Isi dan Standar Kompentensi Lulusan yang ditetapkan dengan Permendiknas No. 23 Tahun 2006.

Di dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan dijelaskan:
• Kurikulum dan silabus SD/MI/SDLB/Paket A, atau bentuk lain yang sederajat menekankan pentingnya kemampuan dan kegemaran membaca dan menulis, kecakapan berhitung serta kemampuan berkomunikasi (Pasal 6 Ayat 6)
• Sekolah dan komite sekolah, atau madrasah dan komite madrasah, mengembangkan kurikulum tingkat satuan pendidikan dan silabusnya berdasar¬kan kerangka dasar kurikulum dan standar kompetensi lulusan di bawah supervisi Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota yang bertangung jawab terhadap pendidikan untuk SD, SMP, SMA, dan SMK, serta Departemen yang menangani urusan pemerintahan di bidang agama untuk MI, MTs, MA, dan MAK ( Pasal 17 Ayat 2)
• Perencanan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar (Pasal 20)

Berdasarkan ketentuan di atas, daerah atau sekolah memiliki ruang gerak yang seluas- luasnya untuk melakukan modifikasi dan mengembangkan variasi-variasi penyelengaraan pendidikan sesuai dengan keadaan, potensi, dan kebutuhan daerah, serta kondisi siswa. Untuk keperluan di atas, perlu adanya panduan pengembangan silabus untuk setiap mata pelajaran, agar daerah atau sekolah tidak mengalami kesulitan.

B. Karakteristik Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi
Setiap mata pelajaran mempunyai karakteristik yang khas. Adapun karakteristik
Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah sebagai berikut:
1. Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan keterampilan menggunakan komputer meliputi perangkat keras dan perangkat lunak. Namun demikian Teknologi Informasi dan Komunikasi tidak sekedar terampil, tetapi lebih memerlukan kemampuan intelektual.
2. Materi Teknologi Informasi dan Komunikasi berupa tema-tema esensial, aktual serta global yang berkembang dalam kemajuan teknologi pada masa kini, sehingga mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan pelajaran yang dapat mewarnai perkembangan perilaku dalam kehidupan.
3. Tema-tema esensial dalam Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan perpaduan dari cabang-cabang Ilmu Komputer, Matematik, Teknik Elektro, Teknik Elektronika, Telekomunikasi, Sibernetika dan Informatika itu sendiri. Tema-tema esensial tersebut berkaitan dengan kebutuhan pokok akan informasi sebagai ciri abad 21 seperti pengolah kata, spreadsheet, presentasi, basis data, Internet dan e-mail. Tema-tema esensial tersebut terkait dengan aspek kehidupan sehari-hari.
4. Materi Teknologi Informasi dan Komunikasi dikembangkan dengan pendekatan interdisipliner dan multidimensional. Dikatakan interdisipliner karena melibatkan berbagai disiplin ilmu, dan dikatakan multidimensional karena mencakup berbagai aspek kehidupan masyarakat.

C. Karakteristik Peserta Didik
Peserta didik adalah manusia dengan segala fitrahnya. Mereka mempunyai perasaan dan pikiran serta keinginan atau aspirasi. Mereka mempunyai kebutuhan dasar yang perlu dipenuhi (pangan, sandang, papan), kebutuhan akan rasa aman, kebutuhan untuk mendapatkan pengakuan, dan kebutuhan untuk mengaktualisasi dirinya (menjadi dirinya sendiri sesuai dengan potensinya).
Dalam tahap perkembangannya, siswa SMP berada pada tahap periode perkembangan yang sangat pesat, dari segala aspek. Berikut ini disajikan perkembangan yang sangat erat kaitannya dengan pembelajaran, yaitu perkembangan aspek kognitif, psikomotor, dan afektif.

1. Perkembangan Aspek Kognitif
Menurut Piaget (1970), periode yang dimulai pada usia 12 tahun, yaitu yang lebih kurang sama dengan usia siswa SMP, merupakan ‘period of formal operation’. Pada usia ini, yang berkembang pada siswa adalah kemampuan berfikir secara simbolis dan bisa memahami sesuatu secara bermakna (meaningfully) tanpa memerlukan objek yang konkrit atau bahkan objek yang visual. Siswa telah memahami hal-hal yang bersifat imajinatif.
Implikasinya dalam pengajaran Teknologi informasi dan komunikasi adalah bahwa belajar akan bermakna kalau input (materi pelajaran) sesuai dengan minat dan bakat siswa. Pengajaran Teknologi informasi dan komunikasi akan berhasil kalau penyusun silabus dan guru mampu menyesuaikan tingkat kesulitan dan variasi input dengan harapan serta karakteristik siswa sehingga motivasi belajar mereka berada pada tingkat maksimal.
Pada tahap perkembangan ini juga berkembang ketujuh kecerdasan dalam Multiple Intelligences yang dikemukakan oleh Gardner (1993), yaitu……………………

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: